Selain Berdoa, 5 Hal ini yang menunjang keselamatan lalu lintas anda di jalan raya.

Selain Berdoa, 5 Hal ini yang menunjang keselamatan lalu lintas anda di jalan raya. | Kesibukan dan juga mobilitas yang tinggi dalam rutinitas kita keseharian, membuat kita harus selalu bergerak cepat dan juga berubah dalam segala hal.Untuk  menunjang aktifitas keseharian kita, tidak dapat di elakan lagi penggunaan kendaraan merupakan teman setia dalam keseharian kita. Namun apakah anda sudah memperhatikan hal-hal keselamatan lalu lintas dalam berkendara?
Dalam artikel ini kita akan mengetahui selain berdoa untuk keselamatan, hal di bawah ini pun wajib anda ketahui untuk mewujudkan keselamatan itu.

1. Apakah kendaraan anda sudah terisi bahan bakar dengan cukup ?


Hal pertama ini merupakan syarat wajib, benar bukan ? Ya..inilah syarat wajib anda sebelum menggunakannya, jika anda di buru oleh waktu dan juga kendala trafik jam di jalan apakah ini tidak menjadi masalah?. Contoh kasus jika anda dalam kecepatan yang cukup tinggi tiba-tiba bahan bakar anda habis seketika, apakah yang terjadi dengan kendaraan anda, dan bagaimana dengan kendaraan yang ada di belakang anda ? Maka dari itu check lah bahan bakar anda sebelum berkendara.

2. Apakah kelengkapan surat-surat kendaraan dan juga kelengkapan keselamatan sudah anda siapkan?


Ok, Kelangkapan surat kendaraan kadang menjadi suatu hal yang dianggap sepele oleh sebagian orang. Tahukah anda, kondisi pikiran atau psikologi dapat berubah drastis saat terjadi pemeriksaan surat kendaraan oleh pihak kepolisian atau di sebut razia. Apa yang terjadi dengan diri anda yang tidak lengkap surat-suratnya? Otomatis secara bawah sadar anda akan menghindar dengan berbagai cara dan juga taktik agar dapat lolos dari pemeriksaan. Dengaan kata lain anda akan mengabaikan keselamatan anda karena faktor ketakutan akan terkena razia.
Penggunaan helm bagi pengendara sepeda motor baik pengemudi ataupun si penumpang, kesadaran penggunaan alat pelindung ini, merupakan hal wajib di miliki bagi setiap pengendara. Denga istilah sedia paying sebelum hujan. Silahkan anda artikan..he..he….

3. Pastikan kondisi kendaraan anda sudah di check dengan baik


Pengechekan kendaraaan menjadi hal wajib bagi si pemilik atau si pengguna sebelum mengendarainya. Hal ini di lakukan agar saat berkendara tidak ada lagi rasa wa-was yang di timbulkan karena kondisi kendaraan. Lakukanlah perawtan kendaraan anda secara rutin, perlakukan dia sebagai teman sejati yang selalu ada kemanapun anda pergi dengan sehat.

4. Mampu menguasai daerah, Pengalaman dalam melintasi daerah sangatlah penting dengan kondisi jalan yang di lintasi


Pengalaman di jalan yang akan di lintasi begitu penting, karena kita akan lebih berhati-hati jikalau ada bagian jalan yang rusak atau berlubang, bukan hanya itu saja kitapun tau di titik manakah yang dapat menghambat setiap prejalanan kita. Bagaimana jika kita tidak mengetahui atau tidak ada pengalaman dengan kondisi jalan yang akan di lalui ? Hal yang mudah dan simple. Anda dapat memanfaatkan fasilitas google map ataupun aplikasi lainnya mengenai trafik di jalan.
Terus kondisi jalan yang kurang baik tau dari mana? Caranya kita dapat bertukar pengalaman dengan orang sekitar bahkan dalam proses perjalanan. Lebih mudahnya Bertanyalah jika tidak tahu :D

5. Kesadaran dan pikiran yang dingin saat berada di jalan


Hal seperti ini jarang sekali kita temui, khususnya di kota-kota besar dengan kesibukan yang sangat padat. Kita tau betul bagaimana rasanya jika di kejar oleh waktu namun jalanan macet, Sangat menyebalkan bukan?
Sebagai tips dalam menghadapi kondisi jalan yang tidak bersahabat adalah :
  • Jadilah pelopor keselamatan dalam berkendara dan ciptakan suasana tertib di jalan, kitapun ikut mensukseskan arahan kepolisian kita, karena ini  untuk kita.


  • Berikan teguran dan juga mengalah jika trafik jam, Sabarlah jika kondisi lampu hijau menyala namun di  depan anda sedang macet, Minimalisir penggunaan klakson, memberikan jalan jika kendaraan kita ternyata  menghambat kelancaran kendaraan lain. Tetap tersenyum dan tenang.


Demikianlah sedikit pengetahuan dalam menunjang keselamatan yang bisa anda jadikan acuan dalam berkendara agar selalu tertib dan sadar akan berharganya keselamatan kita semua.
Jika artikel ini perlu di ketahui oleh orang lain, mari informasikan ke rekan dan handai taulan, agar kesadaran berkendara di jalan tercipta dari diri kita sendiri, dan ketertiban hadir saat kita sadar dari diri sendiri.

0 Response to "Selain Berdoa, 5 Hal ini yang menunjang keselamatan lalu lintas anda di jalan raya."

Posting Komentar