Obat alami sembelit untuk anak dan dewasa

Obat alami sembelit untuk anak dan dewasa – Sembelit merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi pada semua orang. Bahkan sembelit juga sering diderita anak-anak karena pola makan yang kurang sehat. Anak-anak yang memang suka jajan sembarangan membuat organ pencernaan menjadi tidak lancar. Alhasil di dalam lambung dan usus tersebut mudah muncul bakteri akibat makanan kotor  yang menimbulkan anak-anak sulit buang air besar (BAB).
Ada banyak cara untuk mengatasi sembelit yang dialami anak-anak. Biasanya cukup diberikan air putih saja, mereka akan mudah melakukan BAB. Padahal bisa juga memberikan makanan yang mudah dicerna, seperti buah-buahan dan sayur-mayur. Namun tak sedikit para orangtua yang membawa anaknya ke dokter agar segera sembuh. Sebaiknya berikan dahulu anak obat alami guna meringankan gejala sembelit, seperti ulasan di bawah ini.

sembelit pada anak dan dewasa dapat di atasi dengan cara alami


Tips Alami Mengobati Sembelit Pada Anak
1.Pepaya
Buah papaya memang mengandung serat yang tinggi dan kaya akan vitamin C. Biasakan anak anda untuk mengkonsumsi buah papaya akan terhindar dari masalah sembelit.  Bahkan kandungan nutrisi di dalamnya akan cepat mengatasi susah buah air besar. Tak hanya itu, buah papaya juga memiliki vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Anda cukup memberikan anak buah pepaya yang telah matang supaya ia memakannya secara langsung.

2. Cincau
Cincau memiliki kalori rendah dan berserat tinggi, sehingga mampu mengatasi penyakit seperti sembelit, diare, demam hingga perut kembung. Manfaat lain mengkonsumsi cincau yaitu membersihkan zat karsinogen yang terdapat dalam organ pencernaan yang dapat menyebabkan peyakit kanker dan lain sebagainya. Anda bisa mendapatkan cincau di pekarangan rumah atau membelinya di pasar tradisional.

3. Stroberi
Stroberi yang terkenal mampu memutihkan gigi, rupanya juga sangat efektif mengatasi masalah sembelit. Kendati demikian, makanan ini sedikit sulit untuk didapatkan dan harganya relative tingggi.  Namun buah stroberi kaya dengan serat, serta dapat memberikan manfaat untuk meredam demam yang bertindak sebagai astringen. Cobalah untuk berikan stroberi pada anak, biasanya anak-anak lebih suka buah yang satu ini.

4. Pisang
Memakan buah pisang setiap hari memag akan mengurangi gangguan sembelit. Buah pisang mengandung khasiat yang baik guna menjaga kesehatan tubuh. Mengkonsumsi pisang tentu akan bisa dengan mengolah pisang ke berbagai jenis masakan, seperti dijadikan pisang goreng, diberi santan, hingga di konsumsi tanpa diolah. Sebaiknya untuk mengatasi sembelit pada anak, langsung konsumsi buah pisang yang sudah masak.

5. Aprikot
Selanjutnya adalah aprikot  yang termasuk jenis buah dari spesies subgenus prem. Buah aprikot sendiri memiliki kandungan nutrisi yang banyak, mulai dari serat, karbohidrat, gula, protein, Beta karoten, lemak, zat besi, sampai dengan vitamin A dan juga Vitamin C. Bahkan manfaat yang didapatkan apabila  mengonsumsi buah aprikot adalah dapat membantu melancarkan pencernaan, dan  kemudian juga dapat menjaga kesehatan mata.

Selain dari makanan di atas hal terpenting adalah perhatian dan juga pengetahuan kita akan keilmuan untuk mencegah permasalahan sembelit dan juga penyebab sembelit yang di ulas lengkap oleh galeriherbal.org mengenai sembelit.

Itula cara alami yang paling mudah mengatasi sembelit pada anak. Mulai sekarang ubah pola makan anak anda dengan makanan yang mengandung serat agar mudah dicerna, sehingga BAB tetap lancar tanpa adanya sembelit.  

Info manfaat kesehatan lainnya :




0 Response to "Obat alami sembelit untuk anak dan dewasa"

Posting Komentar